Skip to main content

Perkembangan Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin

Posted by per cy

Setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW status sebagai Rasulullah tidak dapat diganti oleh siapapun (khatami al-anbiya’ wa al-mursalin), tetapi kedudukan beliau yang kedua sebagai pimpinan kaum muslimin harus segera ada gantinya. Orang itulah yang dinamakan “Khalifah” artinya yang menggantikan Nabi menjadi kepala kaum muslimin (pimpinan komunitas Islam) dalam memberikan petunjuk ke jalan yang benar dan melestarikan hukum-hukum Agama Islam. Dialah yang menegakkan keadilan yang selalu berdiri diatas kebenaran.Maka setelah Nabi Muhammad SAW wafat, pemuka-pemuka Islam segera bermusyawarah untuk mencari pengganti Rasulullah SAW.[1]
Khalifah Ar-Rasyidin atau Khulafa'ur Rasyidin adalah empat khalifah pertama dalam tradisi Islam Sunni, sebagai pengganti Muhammad, yang dipandang sebagai pemimpin yang mendapat petunjuk dan patut dicontoh. Mereka semuanya adalah sahabat dekat Nabi Muhammad SAW, dan penerusan kepemimpinan mereka bukan berdasarkan keturunan, suatu hal yang kemudian menjadi ciri-ciri kekhalifahan selanjutnya.[2]
Khilafah Rasyidah merupakan pemimpin umat Islam setelah Nabi Muhammad SAW wafat, yaitu pada masa pemerintahan Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib, dimana sistem pemerintahan yang diterapkan adalah pemerintahan yang demokratis.[3] keempat khalifah memimpin umat islam masing-masing selama::
1. Abu Bakar Ash-Shidiq ra ( 11-13 H / 632-634 M)
2. Umar bin Khatab ra (13-24 H /634-644 M)
3. Utsman bin Affan ( 24-36 H / 644-656 M )
4. Ali bin Abi Thalib
[1] .......Islam Masa Khulafaur Rasyidin......
[2] Anonim. Khulafaur Rasyidin. dari Wikipedia Bahasa Indonesia.www.wikipedia.co.id/khulafaur rasyidin [3] Yanwar. Sejarah Pemikiran Islam. http://one.indoskripsi.com/category/mata- kuliah/sejarah-pemikiran-islam.

Sumber:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->